Journal of Electrical Power Control and Automation (JEPCA)

Journal of Electrical Power Control and Automation (JEPCA) ISSN 2621-556X (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Listrik, Fakultas Teknik Universitas Batanghari Jambi.

Journal of Electrical Power Control and Automation (JEPCA) mencakup bidang ilmu:

  • Distribusi Tenaga Listrik: Sistem Distribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik. Sistem distribusi ini berguna untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber daya listrik besar (Bulk Power Source) sampai ke konsumen. Jadi fungsi distribusi tenaga listrik adalah; 1) pembagian atau penyaluran tenaga listrik ke beberapa tempat (pelanggan), dan 2) merupakan sub sistem tenaga listrik yang langsung berhubungan dengan pelanggan, karena catu daya pada pusat-pusat beban (pelanggan) dilayani langsung melalui jaringan distribusi.
  • Elektronika Daya: merupakan cabang ilmu elektronika yang berkaitan dengan pengolahan dan pengaturan daya listrik yang dilakukan secara elektronis (Rashid, M,2008). Elektronika daya berkaitan dengan pengolahan atau pemrosesan energi listrik, yakni mengubah daya listrik dari satu bentuk kebentuk lainnya dengan mengendalikan atau memodifikasi bentuk tegangan atau arusnya menggunakan peranti elektronik (Singh, 2008). Ruang lingkup elektronika daya meliputi: Elektronika, Teori rangkaian listrik, Sistem kontrol, Elektromagnetika, Mesin – mesin listrik, Sistem tenaga listrik, Komponen semikonduktor dan komputer (Acha, E, 2002).
  • Sistem Kontrol: Sistem kontrol (control system) merupakan suatu kumpulan cara atau metode yang dipelajari dari kebiasaan-kebiasaan manusia dalam bekerja, dimana manusia membutuhkan suatu pengamatan kualitas dari apa yang telah mereka kerjakan sehingga memiliki karakteristik sesuai dengan yang diharapkan pada mulanya. Perkembangan teknologi menyebabkan manusia selalu terus belajar untuk mengembangkan dan mengoperasikan pekerjaan-pekerjaan kontrol yang semula dilakukan oleh manusia menjadi serba otomatis (dikendalikan oleh mesin). Dalam aplikasinya, sistem kontrol memegang peranan penting dalam teknologi. Sebagai contoh, otomatisasi industri dapat menekan biaya produksi, mempertinggi kualitas, dan dapat menggantikan pekerjaan-pekerjaan rutin yang membosankan. Sehingga dengan demikian akan meningkatkan kinerja suatu sistem secara keseluruhan, dan pada akhirnya memberikan keuntungan bagi manusia yang menerapkannya.
  • Automasi: Sebuah teknologi yang menggunakan mesin, elektronik dan sistem komputer untuk mengoperasikan dan mengendalikan proses produksi.
  • Elektronika: sebuah aplikasi elektronika yang menitikberatkan pada pengaturan peralatan listrik menggunakan komponen-komponen semikonduktor berdaya kecil untuk melakukan pengubahan parameter-parameter listrik (arus, tegangan, daya listrik).
  • Teknik dan Manajemen Energi: program terpadu yang direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis untuk memanfaatkan sumberdaya energi dan energi secara efektif dan efisien dengan melakukan perencanaan, pencatatan, pengawasan dan evaluasi secara kontinu tanpa mengurangi kualitas produksi/pelayanan.

Journal of Electrical Power Control and Automation (JEPCA) terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan artikel hasil penelitian, dan artikel yang masuk hendaknya bukan hasil plagiat dan belum dipublikasikan di tempat lain. Artikel akan di review oleh reviewer dan hasilnya akan dikomunikasikan kepada penulis. Jurnal ini membuka peluang sebesar-besarnya bagi penulis yang ingin berkontribusi pada Journal of Electrical Power Control and Automation (JEPCA)


Journal of Electrical Power Control and Automation (JEPCA) terindek pada:


Vol 1, No 2 (2018): Desember

Table of Contents

Articles

Agung Satria Alam, Hendi Matalata
PDF
33-38
Calvin Yobel Sirait, Hendi Matalata
PDF
39-44
Hari Kurniawan, Leily W Johar
PDF
45-53
Hendi Matalata
PDF
54-58
Riki Rizaldi, S Umar Djufri
PDF
59-64